Minggu, 18 Maret 2012

PEDOMAN TUGAS AKHIR "UNIMED'


BAB I
DESKRIPSI TUGAS AKHIR




            Tugas Akhir adalah tugas utama mahasiswa Program Studi Teknik Mesin (D3) yang merupakan karangan ilmiah yang disusun oleh mahasiswa yang dapat berupa hasil perancangan  atau perancangan ulang terhadap kontruksi mesin atau teknologi tepat guna yang berkaitan dengan bidang studinya.

1.1 Tujuan
1). Memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk melakukan suatu analisa terhadap satu unit kontruksi mesin baik dari bentuk, dimensi, kekuatan, efesiensi, perawatan, biaya produksi dan sebagainya.
2). Memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk melakukan perancangan  terhadap satu unit kontruksi mesin hingga diwujudkan dalam suatu gambar kerja.

1.2 Pembimbing Penulisan Tugas Akhir
Untuk membimbing penulisan Tugas Akhir diangkat satu orang tenaga pengajar dengan ketentuan sebagai berikut :
1)        Tenaga pengajar tetap dan serendah-rendahnya Lektor (III/c)  bagi tamatan S1, Asisten Ahli  (III/b) bagi tamatan S2 dan Asisten Ahli (III/a) bagi tamatan S3 yang ditunjuk oleh jurusan
2)        Memperlihatkan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya dan berorientasi kepada kepentingan studi mahasiswa.
3)        Memiliki karakteristik kepribadian seorang pembimbing.
4)        Memahami deskripsi dan tujuan penyusunan Tugas Akhir.
5)        Bersedia meluangkan waktu dalam membantu mahasiswa.
1.3 Pelaksanaan Tugas Akhir

1). Pendaftaran ke Jurusan
Mahasiswa mendaftaran diri ke jurusan melalui program studi dengan membawa alternatif judul atau topik Tugas Akhir.
Mahasiswa yang diperkenankan melaksanakan Tugas Akhir adalah mahasiswa pada semester 6.
2). Penunjukan Dosen Pembimbing
Bersamaan dengan tahap 1, Program Studi akan mengusulkan dosen pembimbing Tugas Akhir kepada jurusan.
3). Bimbingan Tugas Akhir
  1. Sebelum mahasiswa melaksanakan Tugas Akhir pembimbing memberikan pengarahan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan tugas yang telah disepakati dengan mahasiswa.
  2. Pembimbing mengisi lembar tugas mahasiswa serta batas waktu yang telah disepakati.
  3. Selama melaksanakan bimbingan, pembimbing berkewajiban mengisi lembar bimbingan, banyaknya frekuensi bimbingan minimal 10 kali.
  4. Batas waktu penyelesaian Tugas Akhir maksimal 4 bulan.
  5. Apabila seorang mahasiswa tidak dapat menyelesaikan tugasnya sesuai dengan kontrak yang telah disepakati, pembimbing akan memberikan perpanjangan kontrak 1 bulan dengan persetujuan jurusan.
  6. Apabila setelah perjanjian kontrak ke dua mahasiswa tidak dapat menyelesaikan tugasnya, pembimbing mengembalikan mahasiswa yang bersangkutan kepada jurusan untuk ditunjuk dosen lainnya dengan pembatalan tugas pertamanya.
  7. Tugas Akhir dapat disetujui oleh pembimbing bila muatan isinya telah mengacu kepada norma-norma teknik perancangan.
4). Ujian Tugas Akhir
  1. Tugas Akhir wajib dipertanggungjawabkan oleh mahasiswa dihadapan tim penguji  yang ditunjuk jurusan.
  2. Nilai kelulusan untuk Tugas Akhir minimal 65, 0.
  3. Nilai Tugas Akhir merupakan nilai tunda yang sewaktu-waktu dapat dikirim oleh jurusan ke Pusat Komputer Unimed
Pelaksanaan Tugas Akhir tersebut dapat diterangkan dengan diagram alur sebagai berikut :
 
































BAB II
FORMAT TUGAS AKHIR



2.1 Kertas

            Kertas untuk halaman-halaman tugas akhir adalah dari jenis HVS dengan berat sekitar 80 gram/m2 dengan ukuran kertas adalah A4 Naskah dapat berupa ketikan asli  atau photocopy, asal hurufnya dapat terbaca dengan jelas. Buku tugas akhir dijilid dengan sampul yang keras (hardcover) wama dasar sampul adalah warna biru sesuai dengan warna Fakultas Teknik. Bila diinginkan maka diantara masing-masing bab dapat diselipkan suatu halaman pernbatas, halaman ini berwarna. biru muda, dengan berat tidak lebih dari 70gram/m2.

2.2 Pengetikan

Pengetikan tidak memenuhi seluruh permukaan halaman melainkan mulai sejauh 40 mm dari tepi kiri dan atas kertas dan sampai sejauh 30 mrn dan tepi-tepi kanan dan bawah, bagian tengah ini disebut daerah ketik. Dari tiap lembar hanya diisi satu sisi saja. Pengetikan naskah asli dapat dilakukan dengan cara konvensional ataupun dengan menggunakan komputer.
Huruf pengetikan menggunakan bentuk 'TIMES NEW ROMAN' atau 'ARIAL' dengan besar huruf 12. Jarak antara tiap baris adalah dua spasi, kecuali di Ringkasan, Daftar Pustaka, Keterangan Gambar, Keterangan Tabel, Keterangan Diagram dan Rujukan dimana jarak adalah satu spasi.
Huruf pertarna paragraf diawali oleh lima ketukan kosong. Baris pertarna paragraf bab juga bejarak dua spasi dari paragraf yang mendahuluinya. Baris tetakhir suatu paragraf jangan ditik pada balaman baru berikutnya; tuliskan baris tersebut pada dasar halarnan. Paragraf baru jangan dimulai pada dasar halarnan, kecuali bila tempat cukup untuk sedikitnya dua baris.
Nomor bab diketik dengan huruf besar dan angka Romawi, tanpa titik dibelakangnya, seperti: PENDAHULUAN, BAB I, BAB V, LAMPIRAN II, nomor bab, diletakkan secara simetrik dalam daerah ketik, empat spasi dari batas atas daerah ketik.
Judul bab diketik dua spasi dibawah nomor bab. Judul ini ditulis dengan huruf besar semuanya, tanpa titik diakhirnya. Jika judul tardiri dari dua baris, maka baris kedua, dimulia dengan baris baru. Judul bab diletakkan secara sametris dalan daerah ketik. Nomor dan judul bab selalu berada pada, halarnan baru. Nomor anak bab mempunyai urutan seperti : 3.1, 4.1, 5.3. Nomor dan judul anak bab, diketik tiga spasi dibawah judul bab, atau. tiga spasi juga dibawah anak bab, yang mendahuluinya. Nomor anak bab, diletakkan pada batas kiri daerah ketik, huruf pertarna dari tiap kata pada judul anak bab ditulis dengan huruf besar, tanpa titik dibelakangnya. Isi anak bab dimulai pada garis baru, sebagai awal dan paragraf baru.
Nomor anak dari anak bab mempunyai urutan seperti; 3.1.1, 4.1.2, 5.2.3, berjarak dua spasi dari baris sebelumnya. Pernbagian sub bab yang lebih rendah tidak dianjurkan.

2.3  Perbaikan Kesalahan

Naskah tugas akhir disiapkan dengan baik tidak mengandung kesalahan, baik kesalahan naskah, maupun salah ketik. Sebagai pedoman, pada satu halaman tidak boleh ada empat atau lebih perbaikan salah ketik. Perbaikan dengan tempelan pada baris yang salah tidak di perbolehkan, karena tempelan scwaktu-waktu dapat lepas.

2.4 Pemakaian Bahasa Indonesia Baku

Bahasa Indonesia yang digunakan dalan tugas akhir haruslah Bahasa Indonesia dengan tingkat keresmian yang tinggi. Kaidah tata bahasa. harus ditaati.
Kalimat harus utuh dan lengkap. Pergunakan tanda baca seperlunya dan secukupnya agar anak kalimat dapat dibedakan dari katimat induknya, kalimat keterangan dari kalimat yang diterangkan dan seterusnya.
Kata ganti orang, terutarna kata ganti orang pertarna 'saya' dan 'kami'; tidak digunakan dalam tugas akhir, kecuali bila terdapat dalam kalimat kutipan. Susunlah kalimat sedemikian rupa sehingga tidak perlu mernakai kata ganti orang, misainya dengan mernakai bentuk pasif.
Suku kata dapat dipisahkan menurut ketentuan tata bahasa; kata terakhir pada dasar halaman tidak boleh terpisahkan. Pemisahan kata asing harus mengikuti cara yang ditunjukkan dalam kamus bahasa asing bersangkutan. Gunakanlah buku 'Pedoman Umun Ejaan Bahasa Indonesia yang Disernpurnakan', 'Pedoman Umum Pembentukan Istilah dan Kamus Umum Bahasa Indonesia' sebagai pedoman pemakaian Bahasa Indonesia baku.


































BAB III
LANGKAH - LANGKAH PENYUSUNAN



3.1 Maksud  Pengaturan

Kegiatan pelaksanaan dan penulisan tugas akhir- merupakan kegiatan yang besar dengan bobot total 4 SKS dan memerlukan waktu yang lama. Untuk lebih menjamin keberhasilan kegiatan perlu diadakan asistensi secara periodic dengan pembimbing tugas akhir.


3.2 Kartu Konsultasi

Pada kartu konsultasi dicatat segala sesuatu perihal pelaksanaan dan penulisan untuk bukti aktifitas pembirribingan dan tingkat capaian. Para pembimbing mencatat kemajuan kegiatan dan pengarahan pelaksanaan pada kartu ini. Keterangan ini memudahkan asistensi dan bimbingan serta selalu harus dibawa pada waktu menemui para pembimbing.
Persetujuan dari pernbimbing tentang kelayakan tulisan dan isi Tugas Akhir untuk dapat diajukan dalarn ujian akhir meja hijau dicamtumkan pada bagian akhir (penutup) kartu ini. Kartu konsultasi dipegang oleh peserta sendiri dan para pembimbing dapat memegang salinannya. Kartu konsultasi disediakan oleh mahasiswa sesuai dengan format dan pada akhimya dilampirkan dalam naskah Tugas Akhir (lihat Lampiran ).

3.3 Ujian Akhir.

Setelah seluruh mata kuliah lain diselesaikan, tugas akhir yang telah selesai secara keseluruhan dapat diajukan dalarn ujian meja hijau di tingkat fakultas dan diketahui Ketua Program Studi.
Lima rangkap dari laporan akhir ini diserahkan kepada panitia ujian paling lambat 4 (empat) hari sebelum tanggal ujian akhir agar dapat dipelajari dahulu oleh tim penguji.

Ujian akhir diawali dengan mengemukakan pokok-pokok tugas akhir selama maksimum 15 menit oleh mahasiswa, diteruskan dengan pertanyaan dari tim penguji. Seorang peserta dapat lulus ujian akhir ini atau harus mengulangnya bila jawaban pertanyaan tidak mernuaskan. Butir-butir penilaian tugas akhir (lihat Lampiran ).

Bila pada saat ujian akhir ditemukan suatu kesalahan yang sangat mengganggu dalam buku tugas akhir maka ini perlu dilakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum dinyatakan lulus ujian akhir. Waktu penyelesaian perbaikan maksimum 30 hari melalui kesepakatan antara tim penguji dengan peserta sesuai dengan beban perbaikan  yang harus dilakukan.
Bila ada perbaikan Tugas Akhir, sebelumnya mahasiswa harus memperbaiki dan mengkonsultasikamya kernbali kepada tim penguji sesuai dengan saran/permintaan tim penguji dengan melapirkan Kartu Asistensi Perbaikan (lihat Lampiran). Setelah tim penguji mengisi lembaran kartu konsultasi dan menyetujui perbaikan, maka Tugas Akhir dmyatakan memenuhi syarat untuk diperbanyak dan dijilid sesuai format Tugas Akhir dan disetujui oleh pembimbing. dengan membubuhkan  tanda tangan pada bagian akhir kartu ini.














BAB IV
BAGIAN- BAGIAN TUGAS AKHIR



Buku tugas akhir diawali dengan halaman judul dan diakhiri halaman halaman Rujukan dan Lampiran (bila ada). Susunan tugas akhir adalah seperti yang diurut dibawah; masing-masing dimulai pada halaman baru. Bagian persiapan tugas akhir meliputi halaman- halaman Judul, Pengesahan, Ringkasan, Ucapan Terima Kasih dan Daftar-Daftar. Bagian utama Tugas Akhir meliputi : Pendahuluan, dan bab-bab selanjutnya sampai akhir buku.


4.1 Halaman-halaman Judul

Sampul tugas akhir merupakan pengulangan dan halaman judul pertama. Halaman judul pertama berisi lcata "TUGAS AKHIR", judul tugas akhir, uraian katakata tujuan penulisan tugas akhir, logo/lambang FT UNIMED, nama dan nomor induk (NIM) penulis, nama program dan tahun. Seluruhnya dicetak dengan huruf besar, kecuali kata 'oleh’, simetrik di tengah kertas. Lihat contoh halaman judul pertama.


4.2 Halaman Pengesahan

Pada halaman iri, tugas akhir ditandatangani oleh pembimbing dan halaman berikutnya oleh panitia ujian (Dekan sebagai ketua ujian dan Ketua Jurusan sebagai sekretaris ujian) sebagai tanda selesai serta disahkan seluruh isi tulisan Tugas Akhir.


4.3 Ringkasan
Ringkasan dibuat dan diketik dengan spasi tunggal judul 'RINGKASAN' diletakakan ditengah ruang ketik seperti judul bab. Ringkasan dimulai dengan baris-baris judul yang berisi beurutan, sambung menyambung, hal-hal berikut:
1.         Judul tugas akhir yang diketik dengan huruf besar semuanya
2.         Nama penulis,yang ditulis dengan hufuf-huruf awal besar
3.         Tahun kalender pada tahun dimana tugas akhir diselesaikan
4.         Jarak baris dengan spasi tunggal.

Lihat contoh Ringkasan di Lampiran.

Isi ringkasan dimulai dua spasi dibawah baris-baris judul. Ringkasan tidak boleh melebihi satu halaman. Ringkasan menyajikan informasi yang spesifik, sedernikian rupa, sehingga pernbaca tidak perlu melihat seluruh dokumen dan dapat mernutuskan relevan atau tidaknya informasi yang terkandung didalamnya sesaui dengan kebutuhannya. Ringkasan mempunyai ciri; ringkas; cermat dan jelas.
Data numerik biasanya mencakup selang nilai, maksimal, minimal, rumus, nilai rata-rata, nilai median, nilai modus, ukuran keandalan dan lain-lain, sesuai dengan kebutuhan. Ringkasan dapat juga mencakup tujuan, metode ternuan dan atau hasil analisis, serta simpulan.


4.4 Kata Pengantar

Pada halaman ini hanya ada ucapan tetima kasih yang berhubungan resmi dengan kegiatan pelaksanaan dan penulisan tugas akhir seperti ucapan terima kasih pada para pembimbingan dan pihak lain yang telah mernbantu (lihat lampiran).


4.5 Daftar Isi

Daftar isi berisi nama bab dan nama –anak bab beserta nornor halamannya, dimulai dari Ringkasan dan berakhir dengan Lampiran (bila ada). Daftar ini dapat mcncakup satu atau lebih halaman. Cara penulisan. nama-nama bab dan anak bab adalah sama seperti yang dinaskah; huruf besar tetap huruf besar, huruf kecil tetap huruf kecil.  Lihat contoh Daftar Isi di Larnpiran.

4.6 Daftar Tabel

Daftar ini memuat seluruh tabel yang ada dalam tugas akhir beserta nomor halamannya, termasuk tabel di Lampiran (bila ada). Isi daftar disusun menurut urutan nomor halamannya. Nomor dan nama tabel ditulis sama seperti yang dinaskah.

4.7 Daftar Gambar

Daftar ini memuat seluruh gambar, grafik, diagram dan potret, berseta nomor halamannya, yang ada dalam tugas akhir. Isi daftar disusun menurut urutan nomor halamannya dengan nomor dan nama yang ditulis sama seperti naskah.

4.8 Daftar Notasi dan Singkatan

Daftar ini mernuat seluruh lambang, simbol, variabel dan singkatan dengan narna istilah lengkapnya, yang terdapat dalam tugas akhir. Sedapat mungkin setiap lambang dan singkatan tidak memiliki penggunaan rangkap.
Lambang notasi dan singkatan diurut menurut abjad latin, huruf besar dahulu kemudian langsung disusul oleh huruf kecilnya, kernudian disusul dengan lambang yang ditulis dengan huruf Yunani yang juga diurut sesuai dengan abjad Yunani. Nama  istilah lengkapnya ditulis dengan hanya huruf pertama yang besar, huruf lainnya kecil semua.

4.9 Pendahuluan

Pendahuluan merupakan Bab I dari tugas akhir dan merupakan awal dari bagian utama tugas akhir, dalarn bab ini pernbaca disiapkan kearah judul tugas akhir. Bab ini biasanya mengemukakan persoalan yang hendak dibahas, termasuk latar belakangnya; sedikit tinjauan pustaka juga dapat membantu menjelaskan persoalan.

4.10 Tinjauan Pustaka

            Judul Tugas Akhir bukanlah hal baru, melainkan lanjutan dari pengetahuan sebelurnnya. Dengan demikian, hasil-hasil sebelumnya perlu di tinjau, sesuai dengan urutan-urutan perkembangan. Dalam bab ini hasil tinjauan pustaka dkernukan secara sistematik dan kronologis, kesimpulan yang terdapat dalarn berbagai surnber perlu dikernukan.

4.12 Bagian Utama Lainnya

Penyajian dari bagian utarna lainnya beraneka ragarn, ini tergantung dari jenis dan bidang teknologi dari judul tugas akhir. Bab-bab yang dapat dijurnpai dalam suatu tugas akhir adalah  Perencanaan Komponen Utama, Perawatan dan Pemeliharaan, Hasil dan Pembahasan dan sebagainya.
Rujukan ke tulisan atau pengetahuan lain dibuat menurut 'Harvard Sytern' dimana hanya disebut narna penulis dan tahun.

Contoh  :
Keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh indutri tersebut sering kali menyulitkan posisinya ketika dihadapkan pada berbagai kriteria yang dipersyaratkan para konsumen terhadap kuantitas dan kualiltas barang yang harus diipenuhi oleh industri tersebut terlebih untuk pemenuhan pangsa pasar eksport (Srihadi, 1988).
Apabila rujukan ke dalam kalimat, contoh :
Menurut Kantor Menristek (2001) dengan mempertimbangkan potensi industri kecil terutama daya tahan dan berbagai peluang yang dapat diperbuat maka pengembangan kemampuan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan isu pembangunan yang sangat penting, karena selain memiliki peranan strategis dalam pertumbuhan ekonomi, juga berperan dalam pemerataan kesempatan serta pendistribusian hasil-hasil pembangunan.

Penempatannya harus sedernikian sehingga tidak ada keraguan mengenai surnber suatu bahan. Bila penulisnya banyak, dapat digunakan singkatan 'et al' yang artinya 'dengan rekan-rekan' seperti  BREWER et al (1923) adalah pengganti BREWER, STEWER, HAWKER and COBBLEY (1923).

Jadi dalarn naskah tugas akhir harus jelas pernyataan mana yang dibuat oleh penulis dan pernyataan mana yang diarnbil dari surnber lain. Dengan dernikian, juga hasil kerja penulis lain dihormati dan pernbaca dapat menernukan rujukan untuk dipelajari sendiri lebih lanjut.

4.13. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan mencakup seluruh hasil dan kesimpulan yang telah diperoleh dalarn Tugas Akhir; isi bagian ini dikutip dari bagian utarna tugas akhir, tetapi tanpa argurnentasi dan tanpa rujukan; jawaban atas sasaran tulisan harus tercakup seluruhnya.
Saran sebenarnya merupakan saran untuk tulisan selanjutnya, tulisan lanjutan adalah untuk mengembangkan, menyempurnakan serta meluaskan judul Tugas Akhir. Dengan demikian kajian lanjutan dalam bidang tersebut akan lebih terarah.

4.14. Rujukan (References)

Sesuai dengan 'Harvard System' daftar rujukan ditulis secara lengkap dan diurut  secara abjad menurut nama akhir pengarang (atau pengarang pertama bila ada lebih dari satu). Bila ada lebih dari satu rujukan dari pengarang yang sama, dan dengan tahun yang sama maka untuk membedakannya (dalam naskah terutama) tahunnya diberi huruf tambahan berurutan seperti (1986 a), (1986 b) dan seterusnya.
Setiap rujukan diketik dengan spasi tunggaal dengan jarak satu spasii kosong antara masing-masing rujukan.
Bila penulisnya banyak (lebih dari tiga orang) dapat digunakan singkatan, dkk untuk penulis Indonesia seperti Sularso dkk atau et.al untuk bahasa inggris seperti Brewer et.al (1923). Ada variasi dari menggaris bawahi judul, yaitu, mencetaknya dengan huruf miring (italic). Untuk lebih jelas lihat lampiran.




4.15. Lampiran

Dalam lampiran dimasukan segala keterangan tambahan, perhitungan, dan sebagainya yang telah digunakan dan dihasilkan dalam tugas akhir, bila dimasukan kedalarn bagian utama tugas akhir, keterangan tambahan ini akan mengganggu kelancaran pengutaran tugas akhir.
Lampiran didahului oleh satu halaman yang hanya memuat kata LAMPIRAN, ditengah halaman; halaman ini tidak diberi/mempunyai nomor halaman.


































BAB V
PEDOMAN  LAINNYA


5.1 Penomoran Halaman

Halaman-halaman bagian persiapan tugas akhir diberi nomor yang.terpisah dari nomor halaman-halaman bagian utama. tugas akhir. Halaman-halaman bagian persiapan di beri nomor i, ii, iii.iv, dan seterusya. Nomor halaman ditulis 15 mm di bagian bawah center kertas .
Pada bagian persiapan tugas akhir, halaman adalah judul pertarna.; halaman ii adalah halaman pengesahan dan seterusnya.  Pada bagian utama tugas akhir, halarnan adalah permulaan dan bab PENDAHULUAN. Penomorah diteruskan sampai akhir LAMPIRAN; halaman judul LAMPIRAN yang mengambil satu halaman penuh fidak diberi/mempunyai nomor halaman. Nomor halarnan ditulis 15 mm di bagian bawah kanan kertas setiap halaman, untuk semua bagian.


5.2 Gambar-Gambar Dalam Tugas Akhir

Dalam pedoman ini istilah gambar mencakup gambar, ilustrasi, grafik, diagram, denah, peta, bagan, monogram, diagram alir dan potret. Gambar harus dibuat pada kertas yang dipakai untuk naskah tugas akhir;  huruf, angka, dan tanda baca lain yang dipakai harus jelas.
Gambar yang tidak dapat diterima sebagai bagian dari naskah lain adalah gambar yang dibuat pada kertas grafik, gambar yang dibuat pada grafik yang kemudian ditempel pada kertas naskah, dan gambar yang dibuat pada naskah yang kemudian ditempel pada kertas naskah.
Gambar dan judulnya tidak boleh keluar dari daerah ketik; tempat diselipkan diantara baris-baris naskah atau dimuat pada halaman tersebut harus simetrik dalam daerah ketik; bila gambar dibuat sejajar sisi panjang halaman gambar dan dibuat pada halaman tcrsendiri. Bila pcnempatan gambar dalam naskah dirasakan mengganggu kelancaran pengutaran bab bersangkutan, penempatan dalam lampiran tidak dianjurkan.
Gambar yang memerlukan halaman lebih besar dari halaman naskah dapat dirnasukan didalam tagas akhir. Gambar yang memerlukan satu lipatan untuk mencapai ukuran halaman naskah dan dimasukkan kedalarn naskah bab. Gambar yang lebih besar dari itu dilipat sampai ukuran halaman naskah dan dikemas ke dalam LAMPIRAN. Setiap gambar dalarn tugas akhir diberi nomor urut. Nomor gambar terdiri dari dua bagian yang dipisahkan oleh sebuah titik. Angka pertama yang ditulis dengan angka Arab menunjukan nomor bab tempat garnbar tersebut dunuat, sedangkan angka kedua yang ditulis dengan angka Arab menunjukan nomor urut gambar dalam bab. Contoh nomor gambar : 1.1, 1.10. Bila gambar ditempatkan dalam LAMPIRAN, maka nomor yang diberikan adalah nomor Lampiran.
Judul garnbar ditulis hanya dengan huruf pertama yang besar, bila memerlukan lebih dari satu baris, diketik dengan jarak spasi tunggal. Nomor dan judul garnbar ditulis sama seperti tercantum dalam daftar gambar, diletakan dibawah gambar. Gambar yang dikutip dari stunber lain dijelaskan dengan mencanuunkan nama penulis atau nama majalah beserta tahunnya dibelakang atau dibawah judul.

5-3. Tabel-tabel Dalam Tugas Akhir

Tabel harus dibuat pada kertas yang dipakai untuk naskah tugas akhir. Huruf dan angka dalmn tabel harus diketik. Kolom-kolom tabel disusun sedemikian rupa sehingga tabel mudah dibaca. Jarak antara baris-baris angka boleh sebesar satu atau dua spasi, asal tabel mudah di baca.
Tabel dan juduinya tidak boleh keluar dari daerah ketik, tabel dapat diselipkan diantara baris-baris naskah atau dirnuat pada halaman tersendiri secara simestris dalam daerah ketik. Apabila tabel dibuat sejajar sisi panjang halaman, maka tabel harus dibuat pada halaman tersendiri. Bila penempatan tabel-tabel dalam naskah dirasakan mengganggu kelancaran pengutamaan bab, maka tabel-tabel ini dikumpulkan pada akhir bab bersangkutan, penempatan di Lampiran tidak dianjurkan. Setiap tabel dalam tugas akhir diberi nomor urut seperti 1.1, 1.10. Angka Arab menunjukan nomor bab tempat tabel tersebut dimuat sedangkan angka kedua menunjukan nomor untuk tabel dalam bab.
 Judul tabel ditulis dengan huruf pertama yang besar, bila memerlukan lebih dari satu baris diketik dengan jarak satu spasi. Nomor dan judul tabel ditulis sama seperti tercantum dalam daftar tabel dan diletakan diatas tabel. Bila tabel diselipkan  dibaris-baris naskah maka jarak ke baris-baris naskah adalah tiga spasi. Tabel yang memerlukan halaman yang lebih besar dan halaman naskah dapat dirnasukan dalam tugas akhir. Tabel yang memerlukan satu lipatan untuk mencapai ukuran halaman naskah dapat dmasukan ke dalam naskah bab. Tabel yang lebih besar dari itu dilipat sarnpai ukuran halaman naskah dan dimasukan ke Lampiran dengan nomor tabel adalah nomor lampiran dan bukan nomor dari babnya. Pada data sekunder yang berbentuk tabel dan berasal dari satu sumber dicantumkan nama penulis atau nama majalah beserta tahunnya, dilbelakang atau dibawah judul tabel.


5.4 Kutipan Dalam Naskah

            Kutipan langsung beberapa perkataan dari seseorang penulis harus diberi tanda kutip (“..............”). Tidak ada kata, cara tulis ataupun tanda baca yang boleh berlainan dari surnbernya. Untuk kutipan pendek, kutipan dapat dirnasukan dalam baris-baris naskah; dalam kurung  diberikan nama penulis, tahun dan nomor halaman:.
Contoh
Ong (1995, 45) menganalisis kemungkinan pemanfaatan gas panas bekas dengan menggunakan mesin pendingin kompresi uap konvensional dengan beban pendinginan I TR (3,517 kW), yang dioperasikan secara serentak untuk pernanasan dan pendinginan.
Untuk kutipan panjang, yaitu 12 atau lebih kata, kutipan secara terpisah dari naskah, dengan spasi tunggal dan jauh kedalam ketik, dalarn kurung diberi nama penulis, tahun dan nomor halaman.
Contoh
Tirtoatmojo (1999, 63) melakukan percobaan untuk memanfaatkan gas buang dan motor disel stasioner. Dengan mengalirkan gas panas pada pipa spiral yang diletakkan pada saluran gas yang dapat meningkatkan entalphi air. Menggunakan pipa tembaga, Tirtoatmojo menemukan efisiensi penukar panas dapat mencapai hingga 69,5 %. Hasil yang diperoleh oleh Tiroatmojo dapat dilihat seperti pada graft berikut ini.


5.5. Rumus dan Numerik

Sebuah rumus diletakan simetrik dalam daerah ketik, rumus yang panjang ditulis dalam dua baris atau lebih. Pernotongan rumus panjang dilakukan pada tanda, operasi aritmatik, yaitu tanda tambah, tanda kurang, tanda kali dan tanda bagi (bukan garis miring). Tanda operasi aritmatik tersebut didahului dan diikuti oleh sedikitnya satu ketukan kosong.
Pangkat ditulis setengah spasi diatas lambang variabel. Hindarkan pemakaian tanda akar dan sebagai gantinya pakailah pangkat pecahan, penulisan bilangan pecahan sebaiknya tidak dilakukan dengan menggunakan garis miring. Pakailah tanda kurung dalam pasangan-pasangan secukupnya untuk menunjukan hirarki operasi aritmatik yang jelas. Hirarki tanda kurung dalam penuntun ini ditentukan sebagai berikut: [{(        )}].
Setiap rumus diberi nomor yang ditulis diantara dua tanda kurung. Nomor rumus terdiri dari dua bagian yang dipisah oleh sebuah titik. Angka pertarna yang berupa angka Romawi menunjukan bab tempat rumus tersebut terletak. Angka kedua vang berupa angka Arab, menunjukan nomor urut rumus dalam bab, contoh:
            dimana :
            Lp = panjang rantai (dinyatakan dalam jumlah mata rantai)
            Z1 = jumlah gigi sproket kecil
            Z2 = jumlah gigi sproket besar
            Cp = jarak sumbu poros (dinyatakan dalam jumlah mata rantai)




LAMPIRAN
 
 





























Contoh Cover Tugas Akhir
TUGAS AKHIR

RANCANG BANGUN MESIN PENGGILING DAN PEMERAS JAMU SISTEM ROL GANDA KAPASITAS 100 KG/JAM


DISUSUN SEBAGAI  SALAH SATU PERSYARATAN
UNTUK MEMENUHI GELAR AHLI MADYA
 BIDANG TEKNIK MESIN



 










Oleh :
Richardo Erwin Siwanto Sinaga
NIM  : 03330745


JURUSAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2006
 Contoh Ringkasan
RINGKASAN

RANCANG BANGUN MESIN PENGGILING DAN PEMERAS JAMU SISTEM ROL GANDA KAPASITAS 100 KG/JAM
Richardo Erwin Siwanto Sinaga, 2007

             
Rancang bangun ini dilatarbelakangi hasil survey terhadap UKM pengrajin jamu di kota Medan yang menunjukkan bahwa kurang efektif dan efisiennya proses penggilingan dan pemerasan dikarenakan sering pecahnya batu giling, maka kemampuan dan kapasitas produksi untuk menghasilkan bahan baku utama jamu tersebut jelas sangat terbatas.
Tujuan yang ingin dicapai dari rancang bangun ini adalah untuk mengembangkan mesin giling dan peras bahan baku utama jamu tradisional sistem rol ganda yang akan dipergunakan dalam proses produksi dengan menerapkan kaidah- kaidah teknologi tepat guna yang efisien dan efektif dan sebuah proses produksi dalam meningkatkan kemampuan dan kapasitas produksi per hari industri kecil.
            Dari hasil rancangan tersebut dapat dibuat beberapa kesimpulan, yaitu :
1. Kapasitas                                                     : 100 [kg/jam]
2. Motor penggerak
            - jenis                                                   :  motor listrik
            - daya                                                  :  1 [HP]
            - putaran                                              :  1400 [rpm]
3. Puli
            a.         Puli motor
                         - diameter                               :  3,5 [inchi]
                         - bahan                                   :  besi tuang
            b.         Puli rotor penggiling
                         - diameter                               :  7 [inchi]
                         - bahan                                   :  besi tuang
            c.         Puli pemutar reduser              
                         - diameter bahan                    :  3,5 [inchi]
                         - bahan                                   :  besi tuang
            d.         Puli masuk reduser                 
                         - diameter                               :  6 [inchi]
                         - bahan                                   :  besi tuang
4. Roda gigi
            - modul (m)                                         :  3 mm
            - diameter kepala                                 :  82 [mm]
            - jumlah gigi                                        :  25 [buah]
            - bahan                                                            :  St 70


5. Bantalan
            - jumlah bantalan                                 :  6 [buah]
            - nomor bantalan                                 :  6006
            - jenis bantalan                                    :  gelinding

6. Sabuk
            - jumlah                                               :  2 [buah]
            - tipe                                                    :  A

7. Reduser
            - rasio (i)                                              :  1 : 7
            - bahan                                                            :  besi tuang
           






















 Contoh Kata Pengantar
KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kami panjatkan kapada Tuhan yang maha pengasih dan penyayang, karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan penelitian ini dengan baik. Di samping itu, keberhasilan penelitian ini tidak terlepas dari bantuan dan kerjasama yang baik dari bebagai fihak. Pada kesempatan ini, dengan tulus kami mengungkapkan penghargaan dan terima kasih yang tak terhingga, kepada :
  1. Bapak Drs. Eka Daryanto, MT., selaku dosen pembimbing Tugas Akhir.
  2. Orang tua, saudara  dan keluarga yang telah mendukung penulis baik dalam materi maupun dalam doa selama perkuliahan.
  3. Bapak Prof. Selamat Triono, M.Sc., Ph.D., selaku dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.
  4. Bapak Drs. Manintin Banjarnahor, M.Pd., selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Medan.
  5. Bapak Drs. Z.A Hutahaean, selaku Sekretaris Jurusan Teknik Mesin.
  6. Bapak Drs. Eka Daryanto, MT., selaku ketua Program Studi Teknik Mesin
  7. Semua rekan-rekan mahasiswa dan teman yang tak dapat disebutkan satu per satu.
Sesuai dengan pepatah yang berbunyi “ Tak Ada Gading Yang Tak Retak”, Penulis juga menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangannya dan jauh dari sempurna. Oleh karena itu, Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kesempurnaan laparan ini.
Akhir kata Penulis mengucapkan terimakasih.

                                                            Medan,     September  2006
                                                            Penulis,

                                                            Richardo Erwin Siwanto Sinaga
                                                            NIM  : 03330745
Contoh Lembar Persetujuan
LEMBAR PERSETUJUAN



Tugas Akhir ini diajukan Oleh Richardo Erwin Siswanto Sinaga,
NIM 03330, Jurusan : Teknik Mesin, Program Studi Teknik Mesin,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan







Disetujui Untuk Diajukan Dalam Ujian Mempertahankan Tugas Akhir



Medan,     September 2006




Disetujui Oleh
Dosen Pembimbing,



Drs. Eka Daryanto, MT                                    (…………………………….)
NIP. 131996164
Contoh Lembar Pengesahan
LEMBAR PENGESAHAN


Tugas Akhir ini diajukan Oleh Richardo Erwin Siswanto Sinaga,
NIM 03330, Jurusan : Teknik Mesin, Program Studi Teknik Mesin,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan



Dinyatakan Telah Memenuhi Syarat Untuk Mempertahankan
Gelar Ahli Madya




Medan,   September 2006


Ketua,


Prof. Selamat Triono, MSc., Ph.D                  (………………………………..)
NIP. 131411223

Sekretaris,


Drs. M. Banjarnahor, MPd                             (………………………………..)
NIP. 131285355
Contoh Daftar Isi
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .......................................................................................        i
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………….       ii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………...    iii
DAFTAR ISI  …………………………………………………………………     iv
DAFTAR GAMBAR …………………………………………………………      v
DAFTAR NOTASI DAN SINGKATAN ……………………………………      vi
           
BAB I. PENDAHULUAN ……………………..…………………………...… 1
1.1       Latar Belakang …………………………………………………………. 1
1.2       Perumusan Masalah...………………………………………………….. 5
1.3       Tujuan ...…………………………………………………………..…… 5
1.4       Manfaat …...…………………………………………………………… 6
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA…….………………………………...…….. 7
2.1       Jahe, Temu Lawak, Kencur, Dan Kunyit………………………...…..... 7
2.2       Proses Pembuatan Jamu Gendong ……………………………………. 17
2.3       Pemilihan Mekanisme ………………………………….…………….. 19
2.4       Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Komponen-Komponen Utama ….. 20
            1.         Daya Dan Putaran Pengerak Mula …………………………......20
            2.         Sabuk Dan Puli-V …………………………………………...….22
            3.         Poros ………………………………………………………….. 27
            4.         Roda Gigi ……………………………………………………… 29
            5.         Bantalan …………………………………………………….…. 32
            6.         Tegangan Izin ………………………………………………..... 35
BAB III. PEMBAHASAN ………..…………………………………………. 36
3.1       Prinsip Kerja Mesin Penggiling Dan Pemeras Jamu ......................…... 36
3.2       Perencanaan Dan Pemilihan Komponen Utama Mesin …...…….…… 39
            1.         Pemilihan Motor Listrik ….....................................................… 39
            2.         Pemilihan Sabuk Dan Puli-V ………………………………......48
            3.         Perencanaan Poros ……………………...…………………….. 53
            4.         Roda Gigi Poros Pemeras …………………………………….. 61
            5.         Bantalan ………………………………………………………. 65
BAB IV. PERAWATAN ……………………..……………………………… 68
4.1       Pengertian Perawatan …………………………………………………. 68
4.1       Perawatan Elemen-Elemen Utama …….…………………………….... 69
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN..……….………………………...… 71
5.1       Kesimpulan ………………………………………………………….... 71
5.2       Saran ………………………………………………………………..… 72
DAFTAR PUSTAKA ………...…………………………………………...…. 74
LAMPIRAN ...................................................................................................... 75






 Contoh Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA


Afriastini, J.J., 2000, Bertanam Kencur, Penerbit Swadaya anggota IKAPI, Jakarta.

Kantor Menristek RI. (2001). Studi Transfer Teknologi Kepada Industri Kecil. Jakarta : Kerja Sama Kantor Menristek RI dengan pusat Penelitian Lembaga Penelitian ITB.

Khurmi, R.S. and Gupta, J.K., 2004, A Text Book Of Machine Design, Eurasia Publishing House (Pvt) LTD., New Delhi.

Rukmana, Rahmat, 1995, Temu Lawak Tanaman Rempah Dan Obat, Penerbit Kanisius, Majalengka.

Sato, Takeshi dan Hartanto, Sugiarto N., 2000, Menggambar Mesin Menurut Standar ISO, Pradnya Paramita, Jakarta.

Shigley, Joseph E., dan Mitchel, Larry D., 1996, Perencanaan Teknik Mesin, terjemahan Gandhi Harahap, Erlangga, Jakarta.

Sirait, Victor Parasian, Perencanaan mesin Pemipil Dan Penggiling Jagung, Medan.

Soelaiman, T. M., 1987, Mesin Tak Serempak Dalam Praktek , Pradnya Paramita, Jakarta.

Srihadi. (1988). _ Industri Kecil Punya Ketangguhan. Majalah Forum Ekonomi. Jakarta.

Sularso, dan Suga, K, Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin., PT. Paradnya Paramita, Jakarta, 1992.

Tim Lentera, 2002, Khasiat Dan Manfaat Jahe Merah Si Rimpang Ajaib, Jakarta : Agro Media Pustaka.

Winarto, W.P., 2003, Khasiat Dan Manfaat Kunyit, Penerbit Agromedia Pustaka, Jakarta.


 Permohonan Meja Hijau

Hal                :    Permohonan Ujian Meja Hijau             Medan,   ............................
Lamp             :    Berkas

Kepada  Yth : Bapak Dekan Fakultas Teknik
                         Universitas Negeri Medan
                         Di.
                         Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                 :
NIM                  :
Jurusan              : Teknik Mesin
Program Studi   : Teknik Mesin (D3)
Datang kepada Bapak untuk memohon ujian meja hijau yang pengaturannya saya serahkan kepada Bapak Dekan Fakultas Teknik, dengan judul :
“…………………………………………………………………”
Sebagai bahan pertimbangan Bapak, turut saya lampirkan :
1.      Daftar mata kuliah yang telah lulus (T2)
2.      Tugas Akhir
3.      Fotokopi kwitansi pembayaran uang kuliah
4.      Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa
Demikianlah surat permohonan ini saya perbuat ,atas perhatian bapak, saya ucapkan terima kasih.

Diketahui,                                                               Hormat saya,
Ketua Program  Studi                                             Pemohon


Nama                                                              Nama                          
NIP.                                                               NIM.
Penilaian Ujian Mempertahankan Tugas Akhir
                               Nama Mahasiswa             :
                               NIM                                 :
                               Jurusan/Prodi                   :
                               Fakultas                           :

KOMPONEN YANG DINILAI
KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAX
SKOR YANG DICAPAI
I.      NASKAH TUGAS AKHIR
A. Judul


1.      Kejelasan Judul
2.      Keterkaitan dengan Jurusan


2


B. Masalah
1.      Pengenalan Kebutuhan
2.      Spesifikasi Tentang Sesuatu Yang Direncanakan/Dibahas
3.      Pertimbangan Perencanaan/pembahasan (Kekuatan,Keandalan)



20

C.Perencanaan/Pemba-hasan
1.      Hubungan Teori dengan Perencanaan/Pembahasan.
2.      Keandalan Teori dengan Perencanaan/Pembahasan.
3.      MamfaatPerencanaan/Pembahasan bagi pengembangan IPTEK


20

D.Gambar Kerja/Penggalian data**)
1.      Ketetapan Bentuk Gambar/Data.
2.      Ketetapan Informasi Gambar/data
8

E. Perwajahan
1.      Kerapihan Pengetikan.
2.      Konsistensi Penulisan Kutipan.
3.      Keandalan Kepustakaan.
3

F. Kebahasaan
1.      Keefektifan Kalimat.
2.      Ketepatan Ejaan.
3

JUMLAH SKOR YANG DICAPAI

*) Pilih Perencanaan jika kajian lapangan dan Pembahasan jika kajian pustaka
**) Pilih Ganbar, jika kajian lapangan dan data jika kajian Pustaka
KOMPONEN YANG DINILAI
KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAX
SKOR YANG DICAPAI
II.   TAMPILAN DALAM UJIAN
A. Penyajian ISI


1.      Kelengkapan penyajian (Transparansi, Gambar, Data)
2.      Kefasihan Penyajian.
3.      Kesistematisan Penyajian.


15


B. Penguasaan ISI
1.   Kemantapan Penguasaan
20

C. Menjawab
1.      Kefasihan Jawaban
2.      Kesistematisan Jawaban
10

D. Sikap dalam Ujian
1.      Konsistensi Sikap Ilmiah
2.      Kesopanan Tampilan
5

JUMLAH SKOR YANG DICAPAI

NB. Skor kelulusan Untuk Naskah dan Tampilan Ujian masing – masing minimal 32,5


Catatan Penguji :                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            



Medan,    .........
Dosen Penguji,




…………………………..
NIP





Contoh Kartu Asistensi

KARTU BIMBINGAN TUGAS AKHIR


Nama               : Richardo Erwin Siswanto Sinaga
NIM                : 03330745
Jurusan            : Teknik Mesin
Fakultas           : Teknik


No.
Tanggal
Uraian
Paraf

1





2





3





4





5





6





7




8




9




10








                                                                                    Medan,    September  2006

                                                                        Dosen Pembimbing,



           
Drs. Eka Daryanto, MT.
                                                                                    NIP. 131 966 164
Contoh Kartu Perbaikan



BUKTI  PERBAIKAN TUGAS AKHIR


            Yang bertanda tangan di bawah ini, dosen penguji Tugas Akhir mahasiswa atas,
Nama               : Richardo Erwin Siswanto Sinaga
NIM                : 03330745
Jurusan            : Teknik Mesin
Prog Studi       : D-3

Benar telah memeriksa perbaikan yang telah disarankan pada ujian tugas akhir tanggal 15 September 2006.

Hasil koreksi kami menyimpulkan :
1.      Perbaikan – perbaikan telah sesuai saran penguji.
2.      Masih perlu perbaiakan pada :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………........

                                                            Medan,      September 2006
                                                            Penguji,



                                                            Drs. Selamat Riadi
                                                            NIP. 132 056 576      
Text Box: SOP
PENULISAN 
LAPORAN TUGAS AKHIR

PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN
FT UNIMED










































Text Box:    
   TEKNIK MESIN          HEDS-JICA PROJECT
   FAKULTAS TEKNIK
   UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
   2007












KATA  PENGANTAR


Tugas akhir merupakan salah satu komponen persyaratan akademik yang harus dipenuhi mahasiswa sebelum menyandang gelar Ahli Madya Bidang Teknik Mesin FT Unimed, dengan beban studi 4 sks. Jumlah lulusan dari Program Studi Teknik Mesin sejak 2001/2002 sampai semester genap 2004/2005 sebanyak 78 orang. Rata-rata IPK lulusan adalah 2,89  dari maksimum 4.0. Sementara rata-rata lama penyelesaian studi adalah 3,56 tahun (42,72 bulan) dan rata-rata penyelesaian Tugas Akhir adalah 7,4 bulan.  Kondisi tersebut menunjukan bahwa mahasiswa Program Studi Teknik Mesin masih mengalami permasalahan dalam menyelesaikan studinya. Salah satu penyebab lamanya penyelesaian studi tersebut yang berkontribusi langsung adalah lamanya penyelesai tugas akhir  7,4 bulan yang seharusnya 4 bulan.
Melihat kenyataan tersebut perlu adanya upaya dari Program Studi Teknik Mesin untuk memperpendek masa penyelesaian tugas akhir tersebut. Upaya yang harus segera dilakukan adalah penyusunan standard operational procedure (SOP) penyelesaian tugas akhir yang memuat : Proses bimbingan, proses adminatrasi,  format tugas akhir, Langkah-langkah Penyusunan Tugas Akhir, Bagian Utama Tugas Akhir, Pedoman Penulisan, dan Pedoman lainnya.
Tujuan pembuatan SOP Laporan Tugas Akhir ini adalah ; 1. Membuat aturan-atuan yang baku dalam proses penyusunan tugas akhir di Prodi Teknik Mesin FT  Unimed yang dituangkan dalam bentuk SOP, 2. Mempercepat waktu penyelesaikan Tugas Akhir., dan 3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis laporan Tugas Akhir.

Medan , Juni   2007
Ketua Prodi,




Drs. Eka Daryanto, MT
NIP. 131996164

DAFTAR ISI








BAB I DESKRIPSI TUGAS AKHIR


1.1
Tujuan
………………………………....
1

1.2
Pembimbing Penulisan Tugas Akhir
…………………………………
1

1.3
Pelaksanaan Tugas Akhir
………………………………...
1

BAB II FORMAT TUGAS AKHIR


2.1
Kertas   ..........................................................…………………………….
4

2.2
Pengetikan ………………………… …………………………………….
4

2.3
Perbaikan Kesalahan ……………………………………………………..
5

2.4
Pemakaian Bahasa Indonesia Baku  ……………………………………..
5

BAB III LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN

3.1
Maksud Pengaturan
…………………………………
7

3.2
Kartu Konsultasi
…………………………………
7

3.3
Ujian Akhir ………………………..  ……………………………………
7

BAB IV BAGIAN-BAGIAN TUGAS AKHIR


4.1
Halaman-halaman Judul
.....................................................
9

4.2
Halaman Pengesahan
.....................................................
9

4.3
Ringkasan
.....................................................
9

4.4
Kata Pengantar
.....................................................
10

4.5
Daftar Isi
.....................................................
10

4.6
Daftar Tabel
.....................................................
11

4.7
Daftar Gambar
.....................................................
11

4.8
Pendahuluan
.....................................................
11

4.9
Tinjauan Pustaka
.....................................................
11

4.10
Bagian Utama Lainnya
.....................................................
12

4.11
Kesimpulan dan Saran
.....................................................
13

4.12
Rujukan (referensi)
.....................................................
13

4.13
Lampiran
.....................................................
14

BAB V PEDOMAN LAINNYA


5.1
Penomoran Halaman
.....................................................
15

5.2
Gambar-gambar Dalam Tugas Akhir
.....................................................
15

5.3
Tabel-tabel Dalam Tugas Akhir
.....................................................
16

5.4
Kutipan Dalam Naskah
.....................................................
17

5.5
Rumus dan Numerik
.....................................................
18








PEDOMAN
TUGAS AKHIR

PRODI TEKNIK MESIN
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN




























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar